Selasa, 06 November 2018

Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis

Pemanfaatan E-Commerce Dalam Dunia Bisnis


Hasil gambar untuk e-commerce


Apa itu E-Commerce?

E-Commerce adalah sebuah aktivitas transaksi dengan menggunakan media digital elektronik yang terhubung dengan internet,atau secara sederhana bisa kita pahami sebagai transaksi bisnis digital.Dizaman modern seperti saat ini
,sebuah ide baru seperti E-Commerce sangat diperlukan mengingat dengan seiring jalannya tekhnologi yang semakin memudahkan manusia untuk melakukan sesuatu tidak terkecuali transaksi jual beli/bisnis dalam kehidupan sehari-hari.

Mengapa E-Commerce itu penting ?

Hasil gambar untuk e-commerce
E-Commerce sangat lah penting dalam kehidupan bisnis,mengingat di era digital seperti saat ini menuntut semua serba efektif dan juga efisien yang menjadikan bisnis berbasis online ini wajib ditekuni.Internet adalah sebuah sumber informasi,dengan ini semua pemilik brand diharuskan untuk bisa memberikan informasi produk yang mereka jual melalui internet.Misalnya saja melalui Website,Instagram,facebook atau pun aplikasi-aplikasi lainnya yang sekarang sudah semakin menjamur.Dengan cara ini para konsumen yang ingin membeli sesuatu mereka pasti akan mencari informasi terlebih dahulu mengenai barang yang akan mereka beli di internet,dengan kita bisa memasang produk kita bersama informsi yang kita sertakan,maka ada peluang untuk konsumen bisa melihat produk kita dan bisa saja mereka memilih produk yang kita pasarkan melelui internet.Tanpa bermain di ranah digital,maka sebuah pemilik brand akan kesulitan untuk menjamah pasar secara luas.


Contoh E-Commerce :
Hasil gambar untuk e-commerce
E-Commerce identik dengan transaksi jual beli di dunia maya.Beberapa contoh yang bisa kita lihat sekarang ini adalah online shopping,e-payment/electronic payment,i-banking/internet banking,e-auction (situs pelelangan elektronik seperti ebay.com, dan rajalelang.com), e-shop/e-mall, dan online service (online ticketing, online travel agent, online course).

Tipe E-commerce :

Secara umum E-Commerce dikategorikan menjadi tiga indikator berdasarkan objek yang dijual :

1. Physcal goods : Barang-barang yang dijual mempunyai bentuk nyata.Misalnya : buku,pakaian,barang-barang elektronik.Contoh : Buka Lapak,Tokopedia,Shoope

2. Digital goods : Menjual barang-barang yang berbentuk softcopy/file digital.Misalnya : e-book,mp3,e-magazine dan film.Contoh : I-Tunes

3. Service : Menjual jasa layanan.Misalnya : agen travel online,booking akomodasi,tiket konser dll.Contoh : Traveloka,Rajakarcis.com

Manfaat Ecommerce :

1. Efisiensi Tempat dan Waktu

Dengan melakukan aktivitas bisnis melalui internet maka tidak ada batas waktu dan juga bisa dilakukan dimana saja asalkan tempat yang kita tempati terdapat jangkauan internet.

2. Memudahkan Penjual Dalam Menjangkau Pasar Yang Lebih Luas

Dengan jangkauan super luas melalui internet maka penjual bisa saja menemukan pasarnya tidak hanya di wilayah tempat tinggal mereka,mereka bisa temukan pasar mereka di seluruh dunia.

3. Pemetaan Produk Lebih Rapi

Dengan ini mempermudah pembeli dalam menemukan barang yang ingin mereka beli dengan hanya mengetikan nama produk yang ingin mereka beli.

Kesimpulan :

E-Commerce merupakan bisnis yang sedang berkembang pesat dan menjadi salah satu tulang punggung sebuah bisnis di era digital seperti saat ini.Dengan bisa memahami dasar-dasar E-Commerce maka kita bisa memanfaatkannya untuk dapat memulai merencanakan bisnis E-Commerce kita sendiri.Kemudahan yang ditawarkannya memang sesuai dengan apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar